Gejala Kanker Pankreas

Gejala Kanker Pankreas

Kanker pankreas merupakan jenis kanker yang menyerang diam-diam dan tidak menimbulkan nyeri. Gejala pertama yang dialami oleh penderita kanker pankreas adalah penurunan berat badan secara drastis atau pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar leher. Umumnya, gejala lain baru tampak setelah kanker membesar dan mulai menyebar. Secara garis besar, pankreas terdiri dari bagian kaput (kepala) dan badan serta ekor. Gejala yang timbul akibat kanker pankreas akan bergantung pada daerah mana kanker itu berada.

Kanker yang terdapat pada bagian kepala biasanya lebih cepat menimbulkan gejala. Karena bagian kepala pankreas berada dekat dengan empedu, maka kanker yang terjadi di daerah ini dapat menimbulkan gejala berupa sumbatan empedu. Di antaranya urine yang berwarna gelap seperti teh, feses berwarna pucat, mual, muntah, kembung, diare, hingga nyeri pada perut dan pinggang. Kulit juga menjadi tampak kuning dan gatal. Sedangkan kanker yang terjadi pada bagian tengah atau ekor pankreas dapat menimbulkan nyeri pada perut dan pinggang, disertai dengan penurunan berat badan.

Meski jarang, kanker pankreas yang berasal dari kelenjar hormon dapat menyebabkan produksi hormon menjadi berlebihan. Misalnya insulinoma yang menyebabkan gejala penurunan kadar glukosa darah atau glukagonoma yang menyebabkan diare dan buang air kecil berlebihan.

Diagnosis melalui pemeriksaan hasil biopsi

Keberadaan kanker pankreas biasanya baru diketahui setelah kanker menyebar, yaitu setelah pasien tidak kunjung sembuh setelah beberapa minggu mengalami sakit perut, penurunan berat badan, atau gatal dan kulit tampak kekuningan. Pada pemeriksaan fisik, mungkin teraba massa di daerah perut dan pembesaran kelenjar getah bening di leher. Setelah itu, diperlukan pemeriksaan lanjutan berupa pemeriksaan darah. CT Scan, USG, atau MRI mungkin diperlukan untuk melihat apa yang terjadi pada pankreas.

Meskipun telah dilakukan pemeriksaan-pemeriksaan canggih, diagnosis kanker pankreas baru dapat ditegakkan jika hasil biopsi menunjukkan adanya sel-sel kanker di dalam pankreas. Biopsi dilakukan dengan mengambil sedikit jaringan pankreas dan dilihat menggunakan mikroskop. Hal dapat dilakukan melalui bedah terbuka ataupun bedah invasif minimal. Salah satunya adalah ERCP (endoscopic retrograde cholangiopancreatography), yaitu bedah invasif minimal untuk mengidentifikasi gangguan saluran pankreas.

2018-10-24T14:52:06+00:00

Leave A Comment

 
WhatsApp chat