INDIKATOR MUTU RS YPK MANDIRI

INDIKATOR MUTU RS YPK MANDIRI

INDIKATOR MUTU RS YPK MANDIRI

INDIKATOR mutu adalah ukuran mutu dan keselamatan rumah sakit yang digambarkan dari data rumah sakit yang dikumpulkan. Komite mutu dan keselamatan pasien dalam hal ini melakukan evaluasi terhadap indikator mutu melalui beberapa tahapan cycle quality improvement.

Angka Kepuasan Pasien Rawat Inap

Mutu adalah apapun yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen. Kepuasan pasien mempunyai peranan penting dalam perkiraan kualitas pelayanan rumah sakit. Kepuasan dapat dianggap sebagai pertimbangan dan keputusan penilaian pasien terhadap keberhasilan pelayanan (Donabedian, 2000:96).

Karena itu kepuasan pasien menjadi perhatian dari Manajemen RS. Survei kepuasan pasien diukur setiap bulan dan semua masukan atau keluhan pasien segera ditindak lanjuti. Kepuasan pasien adalah salah satu ukuran kualitas pelayanan perawatan dan merupakan alat yang dapat dipercaya dalam membantu menyusun suatu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari sistem pelayanan di rumah sakit .

Survei kepuasan pasien di RS YPK Mandiri mencakup pelayanan RS, fasilitas, makanan , pendaftaran, perawat dan dokter.

Hasil survei kepuasan pasien RS YPK Mandiri pada bulan Januari sampai dengan Maret 2018, ditunjukkan pada tabel dan grafik dibawah ini.

NilaiPredikatJan (%)Feb (%)Mar (%)
90-100Sangat Puas0206
<90-80Puas677584
<80-70Cukup Puas756
<70-60Tidak Puas204
<60Sangat Tidak Puas000
Total Responder100100100

 

Laporan Kepuasan Pasien RS YPK Mandiri Maret 2018

Hasil survei menunjukkan rata-rata pasien puas terhadap pelayanan di RS YPK Mandiri. Setiap keluhan pasien langsung ditangani dalam waktu paling lambat 2 x 24 jam. Untuk memenuhi kebutuhan pasien, ada petugas RS yang akan menindaklanjuti seluruh keluhan dan masukan pasien.  Setiap bulan keluhan dibahas dalam rapat koordinasi untuk perbaikan pelayanan.

2018-10-17T14:24:48+00:00

Leave A Comment

 
WhatsApp chat