Manfaat Senam Hamil

Manfaat senam hamil

Senam hamil mungkin menjadi tren di kalangan ibu hamil, khususnya ibu hamil yang masih muda. Tapi, ternyata tidak hanya sekadar tren, senam hamil bisa memberikan manfaat nyata bagi ibu selama kehamilan maupun setelah melahirkan. Apa saja manfaat senam hamil? Simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat senam hamil bisa dirasakan saat hamil hingga setelah bersalin

Hamil bukan berarti Anda harus berhenti berolahraga. Justru olahraga atau melakukan senam hamil sangat disarankan untuk dilakukan saat hamil. Karena, aktif saat hamil dapat membawa manfaat yang banyak bagi Anda dan janin.

Berikut ini beberapa manfaat senam hamil yang tentu sayang jika dilewatkan.

1. Membantu mengurangi stres dan membangkitkan suasana hati

Sebuah penelitian menemukan bahwa olahraga dapat meningkatkan kadar serotonin, zat kimia otak yang berhubungan dengan suasana hati, membuat Anda lebih bahagia dan bersemangat. Hal ini tentunya sangat baik buat kandungan Anda.

2. Menurunkan risiko komplikasi kehamilan

seperti diabetes gestasional dan preeklampsia. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil dengan diabetes gestasional yang berolahraga tiga kali seminggu dapat menurunkan risiko bayinya lahir dengan berat badan berlebih sebesar 54% dan menurunkan risiko melahirkan caesar sebesar 34%. Berolahraga juga dapat membantu menjaga berat badan sehingga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

3. Membantu menyediakan energi

Olahraga teratur dapat membantu Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, membuat Anda tidak mudah lelah. Karena, dengan berolahraga Anda dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Dengan berolahraga, Anda juga melatih otot Anda, sehingga Anda tidak perlu melakukan banyak usaha untuk melakukan aktivitas.

4. Membuat tidur lebih nyenyak

Olahraga atau senam saat hamil dapat membuat tubuh Anda cukup lelah. Sehingga, Anda akan lebih nyenyak tidur pada malam hari.

5. Membantu pemulihan tubuh lebih cepat setelah melahirkan

Berolahraga atau senam secara teratur selama kehamilan dapat memperkuat otot, sehingga tubuh bisa pulih lebih cepat setelah melahirkan karena otot sudah biasa dilatih.

6. Membantu tubuh mempersiapkan kelahiran

Olahraga selama hamil dapat membantu persalinan lebih mudah dan memperpendek waktu persalinan. Juga, menurunkan risiko komplikasi saat persalinan. Hal ini karena tubuh sudah terbiasa dilatih dan mengeluarkan banyak energi saat olahraga atau senam.

7. Membantu menyediakan energi

Olahraga teratur dapat membantu Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, membuat Anda tidak mudah lelah. Karena, dengan berolahraga Anda dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Dengan berolahraga, Anda juga melatih otot Anda, sehingga Anda tidak perlu melakukan banyak usaha untuk melakukan aktivitas.

Berolahraga secara rutin dalam kondisi hamil ternyata sangat baik untuk kesehatan, selain itu aktivitas ini dapat menjaga kondisi calon ibu tetap prima. Disisi lain kegiatan olahraga saat hamil mampu meningkatkan kekuatan jaringan penyangga tubuh dan menghilangkan ketidaknyamanan pada bagian tulang punggung hingga pinggul, terkait semakin membesarnya perut.

Ada baiknya, sebelum memulai senam hamil, tanyakan dulu pada dokter kandungan Anda. Umumnya dokter akan menyarankan senam dilakukan dengan bantuan tenaga pendamping professional.

2019-03-18T02:05:53+00:00

Leave A Comment

WhatsApp chat
Call Now
Directions