7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Bulan Puasa

7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Bulan Puasa

 

Selama bulan Ramadhan, umat Muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa. Mereka harus menahan lapar dan haus dari subuh hingga magrib selama sebulan penuh. Agar aktivitas harian tak terganggu saat puasa, sangat penting menjaga energi dan kesehatan tubuh. Perhatikanlah 7 tips berikut.

 1. Jangan lewatkan Sahur
Untuk sebagian umat muslim khsusunya anak muda, pasti sangat sulit untuk bangun ketika sahur. Beberapa bahkan lebih memilih banyak makan di malam hari dan tidak bangun ketika sahur. Padahal hal tersebut justru yang dapat membuat badan kita cepat lelah. Untuk itu, sebaiknya tetap bangun dan makan secukupnya saat sahur. Makanan yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan. Sebaiknya memakan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat  kompleks seperti ubi, jagung, nasi merah, singkong atau roti gandum. Tidak lupa juga untuk memakan sayuran dan buah-buahan.

2. Makan secukupnya ketika berbuka
Ketika waktu buka tiba, banyak sekali makanan yang dihidangkan. Berbagai macam makanan yang kita inginkan waktu siang hari, kita siapkan karena keinginan yang tinggi. Sehingga, kita mengkonsumsi makanan yang berlebihan dan membuat perut terasa sesak. Hal tersebut perlu dihindari karena dapat membuat lambung menjadi kecil dan enzim–enzim pencernaan pun hilang.

3. Hindari minum air dingin atau es
Selama 13 jam tubuh tidak mendapatkan asupan minuman sedikit pun. Sebaiknya untuk berbuka meminum air hangat atau air putih terlebih dahulu. Jika meminum air dingin atau es akan menyebabkan perut menjadi kembung.

4. Kurangi meminum kopi,dan minuman bersoda
Ketika berpuasa tubuh akan kekurangan cairan dan membuat badan menjadi lemas serta kurang konsentrasi. Untuk memulihkan kembali tubuh, sebaiknya mengkonsumsi air putih lebih banyak saat sahur maupun berbuka. Dianjurkan untuk menghindari minum kopi karena membuat kita sulit tidur dan minuman soda juga dapat menimbun banyak lemak dalam tubuh.

5. Kurangi konsumsi makanan manis, dan berlemak
Ketika berbuka puasa, sering kali kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis. Tentu saja, makanan manis diperlukan untuk menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh.

Namun, konsumsi makanan manis secara wajar. Jika berlebihan akan meningkatkan glukosa dalam darah secara cepat dan menyebabkan nafsu makan berlebihan. Makan yang manis dan berlemak berlebihan akan menyebabkan rasa lelah dan mengantuk. Sebaiknya makanan berlemak dan manis dikurangi baik saat sahur maupun saat berbuka.

6. Melakukan olahraga ringan
Olahraga saat puasa terdengar sangat melelahkan. Olahraga disini maksudnya adalah olahraga ringan. Walaupun berpuasa, olahraga tetap menjadi aktivitas yang membuat badan kita tetap sehat. Olahraga ringan seperti lari ditempat, jalan, bersepeda atau senam yang dapat kita lakukan pada pagi hari membantu badan tetap terjaga untuk melakukan puasa.

7. Tidur yang cukup
Selain memperhatikan asupan makanan, pola makan juga perlu diperhatikan saat bulan puasa. Tidur malam yang baik dapat menjaga keseimbangan tubuh. Jika mengantuk selama puasa bukan karena kurang makan atau minum melainkan tak memiliki waktu tidur yang cukup. Oleh karena itu, kurangi begadang saat malam hari serta luangkan sedikit waktu untuk tidur di siang hari. Walaupun sedikit tapi jika tidur siang berkualitas bisa memulihkan energi kamu kembali.

2019-05-23T10:29:07+00:00

Leave A Comment

WhatsApp chat
Call Now
Directions