Ini Bahaya Asap Rokok Bagi Ibu Hamil dan Janin

Ini Bahaya Asap Rokok Bagi Ibu Hamil dan Janin

 

 

Asap rokok ternyata sama bahayanya dengan rokok. Bukan hanya bagi perokok aktif, rokok juga dapat membahayakan orang sekitarnya. Bagi ibu hamil, sebaiknya menghindari asap rokok karena dapat membahayakan janin.

Rokok mengandung berbagai zat berbahaya, mulai dari tar, aseton dan nikotin. Ketika dibakar, zat-zat ini menghasilkan lebih banyak zat kimia berbahaya. Asap rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit di antaranya gangguan pernapasan, penyakit jamtung, menopause dini dan kanker. Di beberapa negara maju dan berkembang, rokok merupakan penyebab kematian yang paling umum.

Bahaya rokok bagi ibu hamil dan janin

Bagi Anda yang sedang hamil, disarankan untuk menghindari paapran asap rokok. Asap rokok mengandung berbagai zat kimia berbahaya seperti timbal, karbon monoksida, dan berbagai zat berbahaya lainnya. Zat tersebut dapat masuk melalui pembuluh darah dan menghambat penyaluran nutrisi dan oksigen pada janin. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan janin seperti:

1. Cacat fisik dan cacat lahir

Salah satu efek dari paparan asap rokok pada janin adalah adanya kemungkinan peningkatan risiko cacat fisik. Paparan asap rokok ini dapat menyebabkan cacat pada kaki, otak dan alat kelamin bayi. Selain cacat fisik, bayi juga berisiko mengalami cacat lahir baik ringan maupun berat. Asap rokok merupakan penyebab mutasi gen yang paling sering terjadi dalam kasus kehamilan.

2. Berat badan bayi lahir rendah

Asap rokok juga dapat menyebabkan berat badan bayi lahir rendah (BBLR). Kondisi ini umumnya disebabkan karena menurunnya suplai darah ke plasenta.

3. Masalah pernapasan

Bayi yang lahir dari ibu perokok pasif dapat memiliki gangguan penapasan dan memiliki risiko tinggi untuk mengidap asma di masa depan. Mutasi ini cenderung berdampak seumur hidup dan perlu penanganan khusus.

4. Kerusakan organ janin

Dalam sebuah penelitian menyebutkan, gangguan asupan oksigen pada saat kehamilan dapat berpengaruh pada gangguan sistem kardiovaskular, sistem pencernaan dan kerusakan sistem saraf pusat janin. Beberapa gangguan tersebut cukup serius dan terbawa hingga usia dewasa.

5. Kelahiran prematur

Masalah lain yang dapat dialami oleh ibu hamil yang merupakan perokok pasif adalah kelahiran janin prematur. Bayi prematur membutuhkan perawatan intensif setelah kelahiran dan perlu mengejar ketertinggalan dibanding bayi yang lahir cukup bulan.

Nah sudah terbayang kan bagaimana dampak dari asap rokok bagi kesehatan janin? Bagi Anda yang sedang hamil, sebisa mungkin hindari paparan asap rokok ya!…

2019-05-31T08:26:48+00:00

Leave A Comment

WhatsApp chat
Call Now
Directions