Sunat Pada anak, Amankah?

Apa itu sunat?
Sunat atau sirkumsisi adalah prosedur bedah untuk membuang kulit bagian depan dari penis.

Amankah bila bayi yang baru lahir disunat?
Rekomendasi dari American Academy of Pediatrics (AAP) sirkumsisi pada bayi yang baru lahir memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan risikonya.

Kapan saat yang tepat untuk melakukan sirkumsisi?
Pada keadaan normal, untuk memutuskan waktu yang tepat kembali kepada keputusan orang tua. Namun pada keadaan infeksi saluran kemih berulang, sangat direkomendasikan untuk segera dilakukan sirkumsisi.

Apa kelebihan sunat pada bayi yang baru lahir?

  • Mencegah terjadinya infeksi saluran kemih;
  • Memudahkan orang tua saat membersihkan alat kelamin bayi;
  • Penyembuhan dan perawatan luka relatif lebih cepat dan mudah.

 

Apa saja risiko tindakan sirkumsisi?
Semua prosedur pembedahan, termasuk sunat, memiliki risiko. Risiko yang dapat terjadi adalah perdarahan, infeksi pada luka operasi, dan nyeri. Gangguan estetik ataupun cedera pada ujung kepala penis sangat jarang terjadi bila dilakukan dengan teknik yang tepat. 

Berapa lama proses tindakan sirkumsisi?
Proses sirkumsisi hanya berlangsung sekitar 15-20 menit. Setelah tindakan, bayi dapat langsung kembali ke ruangan biasa.

Apakah anak saya akan dibius?
Untuk sunat pada bayi pembiusan dilkukan lokal pada area operasi saja sehingga tidak perlu persiapan khusus layaknya pembiusan umum (bius tidur).

Berapa lama proses penyembuhan luka sunat?
Proses penyembuhan dapat berbeda-beda tiap orang. Namun luka sunat pada bayi relatif lebih cepat dibandingkan dengan anak yang lebih besar ataupun orang dewasa. Rata-rata proses penyembuhan 5-7 hari.

Amankah sunat di saat pandemi sepert sekarang ini?
Akhir dari pandemi Covid-19 tidak bisa diprediksi. Alangkah baiknya menghindari kontak ke tempat keramaian. Dengan melakukan sunat saat perawatan kelahiran, pasien tidak perlu bolak-balik ke RS hanya untuk tindakan sunat.

Apakah sunat akan memperpanjang masa rawat setelah lahiran?
Tidak, sunat dilakukan pada periode pemulihan ibu pasca melahirkan. Anak dapat tetap pulang ke rumah bersama dengan ibunya setelah fase pemulihan selesai.

2021-04-23T02:44:50+00:00

Leave A Comment

WhatsApp chat
Call Now
Directions