Tips berpuasa ramadhan bagi ibu hamil

Tips berpuasa ramadhan bagi ibu hamil

Sebaiknya bunda kontrol ke dokter untuk memastikan keadaan bunda dan kesejahteraan janin lalu mendiskusikan dengan dokter sebelum memutuskan untuk  berpuasa Ramadhan

Jika memutuskan untuk menjalankan puasa Ramadhan, perhatikan hal-hal berikut ya Bunda:
Pastikan asupan nutrisi harian mencukupi kebutuhan (35 kkal/kg bb/hr, protein, karbohidrat dan serat)
Pastikan asupan cairan harian cukup (sekitar 2 liter/hari)
Mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan Nutrisi/cairan dengan memperbanyak frekuensi makan dan minum selama waktu berbuka
Hindari minuman yg mengandung kafein karena meningkatkan produksi urin (kopi,teh) sehingga meningkatkan risiko dehidrasi
Hindari konsumsi makanan yang memicu gangguan pencernaan seperti makanan yg terlalu pedas, terlalu asam atau terlalu banyak lemak
Pastikan bunda tidak mengalami gejala dehidrasi  (demam, berdebar-debar,lemah, pusing, berkunang-kunang)
Pastikan bunda tidak mengalami gangguan pencernaan selama berpuasa( mual muntah, nyeri ulu hati)
Pastikan bunda tidak mengalami gangguan pencernaan seperti mual muntah, nyeri.ulu hati
Pastikan gerakan janin bunda aktif (jk sdh 28mgg)
Hindari aktivitas yang membutuhkan banyak kalori dan tidak terlalu penting selama berpuasa, seperti kegiatan rumah tangga

Keadaan kehamilan yang biasanya tidak dianjurkan berpuasa:
Hiperemesis gravidarum (mual muntah berlebih ketika hamil)
Pertumbuhan janin terhambat
Keadaan yg membutuhkan minum obat teratur (hipertensi, kontraksi dll)

Jika bunda tidak dapat berpuasa:
agama Islam memberikan keringanan untuk ibu hamil untuk tidak berpuasa
Konsultasikan dengan ustadz kepercayaan bunda mengenai perlunya qadha dan atau fidyah jika bunda tidak dapat berpuasa.

2021-04-27T00:47:51+00:00

Leave A Comment

WhatsApp chat
Call Now
Directions